10 PENYAKIT KRONIS MANUSIA.

PENYAKIT KRONIS MANUSIA
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 1. MENYALAHKAN ORANG LAIN

>>>>>>Itu penyakit P dan K, yaitu Primitif dan
>>>>>> Kekanak-kanakan.Menyalahkan
>>>>>> orang lain adalah pola pikir orang primitif. Di pedalaman
>>>>>> Afrika, kalau
>>>>>> ada orang yang sakit, yang dipikirkan adalah : Siapa nih
>>>>>> yang nyantet ?
>>>>>> Selalu “siapa” Bukan “apa” penyebabnya.
>>>>>> Bidang kedokteran
>>>>>> modern selalu
>>>>>> mencari tahu “apa” sebabnya, bukan
>>>>>> “siapa”. Jadi kalau kita
>>>>>> berpikir
>>>>>> menyalahkan orang lain, itu sama dengan sikap primitif.
>>>>>> Pakai koteka aja
>>>>>> deh, nggak usah pakai dasi dan jas. Kekanak-kanakan. Kenapa
>>>>>> ? Anak-anak
>>>>>> selalu nggak pernah mau disalahkan. Kalau ada piring yang
>>>>>> jatuh,” Adik
>>>>>> tuh yang salah”, atau ” mbak tuh yang
>>>>>> salah”. Anda pakai celana
>>>>>> monyet
>>>>>> aja kalau bersikap begitu. Kalau kita manusia yang berakal
>>>>>> dan dewasa
>>>>>> selalu akan mencari sebab terjadinya sesuatu.
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 2. MENYALAHKAN DIRI SENDIRI
>>>>>> Menyalahkan diri sendiri bahwa dirinya merasa tidak mampu.
>>>>>> Anda pernah
>>>>>> mengalaminya ? Kalau anda bilang tidak pernah, berarti anda
>>>>>> bohong. “Ah,
>>>>>> dia sih bisa, dia ahli, dia punya jabatan, dia berbakat
>>>>>> dsb, Lha saya
>>>>>> ini apa ?, wah saya nggak bisa deh. Dia S3, lha saya SMP,
>>>>>> wah nggak bisa
>>>>>> deh. Dia punya waktu banyak, saya sibuk, pasti nggak bisa
>>>>>> deh”. Penyakit
>>>>>> ini seperti kanker, tambah besar, besar di dalam mental
>>>>>> diri sehingga
>>>>>> bisa mencapai “improper guilty feeling”. Jadi
>>>>>> walau yang salah
>>>>>> partner,
>>>>>> anak buah, atau bahkan atasan, berani bilang “Saya kok
>>>>>> yang memang
>>>>>> salah, tidak mampu dsb”. Penyakit ini pelan-pelan bisa
>>>>>> membunuh kita.
>>>>>> Merasa inferior, kita tidak punya kemampuan. Kita sering
>>>>>> membandingkan
>>>>>> keberhasilan orang lain dengan kekurangan kita, sehingga
>>>>>> keberhasilan
>>>>>> orang lain dianggap wajar karena mereka punya sesuatu lebih
>>>>>> yang kita
>>>>>> tidak punya.
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 3. TIDAK PUNYA GOAL / CITA-CITA
>>>>>> Kita sering terpaku dengan kesibukan kerja, tetapi arahnya
>>>>>> tidak jelas.
>>>>>> Sebaiknya kita selalu mempunyai target kerja dengan
>>>>>> milestone. Buat
>>>>>> target jangka panjang dan jangka pendek secara tertulis.
>>>>>> Ilustrasinya
>>>>>> kayak gini : Ada anjing jago lari yang sombong. Apa sih
>>>>>> yang nggak bisa
>>>>>> saya kejar, kuda aja kalah sama saya. Kemudian ada kelinci
>>>>>> lompat-lompat, kiclik, kiclik, kiclik. Temannya bilang:
>>>>>> “Nah tuh ada
>>>>>> kelinci, kejar aja”. Dia kejar itu kelinci, wesss….,
>>>>>> kelinci lari
>>>>>> lebih kencang, anjingnya ngotot ngejar dan kelinci lari
>>>>>> sipat-kuping
>>>>>> (sampai nggak dengar / peduli apa-apa), dan akhirnya nggak
>>>>>> terkejar,
>>>>>> kelinci masuk pagar. Anjing kembali lagi ke temannya dan
>>>>>> diketawain. “Ah
>>>>>> lu, katanya jago lari, sama kelinci aja nggak bisa kejar.
>>>>>> Katanya lu
>>>>>> paling kencang”. “Lha dia goalnya untuk tetap
>>>>>> hidup sih, survive, lha
>>>>>> gua goalnya untuk, fun aja sih”. Kalau
>>>>>> “GOAL” kita hanya untuk
>>>>>> “FUN”,

>>>>>> isi waktu aja, ya hasilnya cuma terengah-engah saja.

>>>>>>ini juga penyakit kronis.
>>>>>>
>>>>>> 4. MEMPUNYAI “GOAL”, TAPI NGAWUR MENCAPAINYA
>>>>>> Biasanya dialami oleh
>>>>>> orang
>>>>>> yang tidak “teachable”. Goalnya salah, fokus kita
>>>>>> juga salah,
>>>>>> jalannya
>>>>>> juga salah, arahnya juga salah. Ilustrasinya kayak gini :
>>>>>> ada pemuda
>>>>>> yang terobsesi dengan emas, karena pengaruh tradisi yang
>>>>>> mendewakan
>>>>>> emas. Pemuda ini pergi ke pertokoan dan mengisi karungnya
>>>>>> dengan emas
>>>>>> dan seenaknya ngeloyor pergi. Tentu saja ditangkap polisi
>>>>>> dan ditanya.
>>>>>> Jawabnya : Pokoknya saya mau emas, saya nggak mau lihat
>>>>>> kiri-kanan.
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 5. MENGAMBIL JALAN PINTAS, SHORT CUT
>>>>>> Keberhasilan tidak pernah dilalui dengan jalan pintas.
>>>>>> Jalan pintas
>>>>>> tidak membawa orang ke kesuksesan yang sebenarnya, real
>>>>>> success, karena
>>>>>> tidak mengikuti proses. Kalau kita menghindari proses, ya
>>>>>> nggak matang,
>>>>>> kalaupun matang ya dikarbit. Jadi, tidak ada tuh jalan
>>>>>> pintas. Pemain
>>>>>> bulutangkis Indonesia bangun jam 5 pagi, lari keliling
>>>>>> Senayan,
>>>>>> melakukan smesh 1000 kali. Itu bukan jalan pintas. Nggak
>>>>>> ada orang yang
>>>>>> leha-leha tiap hari pakai sarung, terus tiba- tiba jadi
>>>>>> juara bulu
>>>>>> tangkis. Nggak ada ! Kalau anda disuruh taruh uang 1 juta,
>>>>>> dalam 3
>>>>>> minggu jadi 3 juta, masuk akal nggak tuh ? Nggak mungkin !.
>>>>>> Karena hal
>>>>>> itu melawan kodrat.
>>>>>>( “penyakit ingin cepat sukses”)
>>>>>>
>>>>>> 6. MENGAMBIL JALAN TERLALU PANJANG, TERLALU SANTAI
>>>>>> Analoginya begini :
>>>>>> Pesawat terbang untuk bisa take-off, harus mempunyai
>>>>>> kecepatan minimum.
>>>>>> Pesawat Boeing 737, untuk dapat take- off, memerlukan
>>>>>> kecepatan minimum
>>>>>> 300 km/jam. Kalau kecepatan dia cuma 50 km/jam, ya cuma
>>>>>> ngabis-ngabisin
>>>>>> avtur aja, muter-muter aja. Lha kalau jalannya, runwaynya
>>>>>> lurus anda
>>>>>> cuma pakai kecepatan 50 km/jam, ya nggak bisa take-off,
>>>>>> malah nyungsep
>>>>>> iya. Iya kan ?
>>>>>>(“penyakita malas”) he….he…..
>>>>>>
>>>>>> 7. MENGABAIKAN HAL-HAL YANG KECIL
>>>>>> Dia maunya yang besar-besar, yang heboh, tapi yang
>>>>>> kecil-kecil nggak
>>>>>> dikerjain. Dia lupa bahwa struktur bangunan yang besar,
>>>>>> pasti ada
>>>>>> komponen yang kecilnya. Maunya yang hebat aja. Mengabaikan
>>>>>> hal kecil aja
>>>>>> nggak boleh, apalagi mengabaikan orang kecil.

>>>>>>(“penyakit kesombongan inginnya ikan paus aja, klo teri gak mau”)

>>>>>>setia pada perkara kecil maka Tuhan akan mempercayakan perkara besar.
>>>>>> 8. TERLALU CEPAT MENYERAH
>>>>>> Jangan berhenti kerja pada masa percobaan 3 bulan. Bukan
>>>>>> mengawali
>>>>>> dengan yang salah yang bikin orang gagal, tetapi berhenti
>>>>>> pada tempat
>>>>>> yang salah. Mengawali dengan salah bisa diperbaiki, tetapi
>>>>>> berhenti di
>>>>>> tempat yang salah repot sekali.
>>>>>>(“penyakit paling bahaya nih, orang sukses bukan tidak pernah gagal tapi tidak pernah berhenti menyerah!” Jangan cemen, mental pengemis, mental belalang klo punya mental seperti ini pasti mati ! percaya deh, tapi punyai mental pemenang, mental juara, mental baja, mental pantang menyerah.)
>>>>>>
>>>>>> 9. BAYANG BAYANG MASA LALU
>>>>>> Wah puitis sekali, saya suka sekali dengan yang ini. Karena
>>>>>> apa ? Kita
>>>>>> selalu penuh memori kan ? Apa yang kita lakukan, masuk
>>>>>> memori kita,
>>>>>> minimal sebagai pertimbangan kita untuk langkah kita
>>>>>> berikutnya. Apalagi
>>>>>> kalau kita pernah gagal, nggak berani untuk mencoba lagi.
>>>>>> Ini bisa balik
>>>>>> lagi ke penyakit nomer-3. Kegagalan sebagai akibat
>>>>>> bayang-bayang masa
>>>>>> lalu yang tidak terselesaikan dengan semestinya. Itu
>>>>>> bayang-bayang
>>>>>> negatif. Memori kita kadang- kadang sangat membatasi kita
>>>>>> untuk maju ke
>>>>>> depan. Kita kadang-kadang lupa bahwa hidup itu maju terus.
>>>>>> “Waktu”
>>>>>> itu
>>>>>> maju kan ?. Ada nggak yang punya jam yang jalannya terbalik
>>>>>> ?? Nggak ada
>>>>>> kan ? Semuanya maju, hidup itu maju. Lari aja ke depan,
>>>>>> kalaupun harus
>>>>>> jatuh, pasti ke depan kok. Orang yang berhasil, pasti
>>>>>> pernah gagal. Itu
>>>>>> memori negatif yang menghalangi kesuksesan.
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 10. MENGHIPNOTIS DIRI DENGAN KESUKSESAN SEMU Biasa disebut
>>>>>> Pseudo
>>>>>> Success Syndrome. Kita dihipnotis dengan itu. Kita kalau
>>>>>> pernah berhasil
>>>>>> dengan sukses kecil, terus berhenti, nggak kemana-mana
>>>>>> lagi.Sudah puas
>>>>>> dengan sukses kecil tersebut. Napoleon pernah menyatakan:
>>>>>> “Saat yang
>>>>>> paling berbahaya datang bersama dengan kemenangan yang
>>>>>> besar”. Itu saat
>>>>>> yang paling berbahaya, karena orang lengah, mabuk
>>>>>> kemenangan. Jangan
>>>>>> terjebak dengan goal-goal hasil yang kecil, karena kita
>>>>>> akan menembak
>>>>>> sasaran yang besar, goal yang jauh.
>>>>>> Jangan berpuas diri, ntar jadi sombong, terus takabur.
>>>>>> (unknown)
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Have a GREAT day!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: